• Bisnis

KKI 2022, Rumah Rakuji Myra Widiono Tampilkan Tema The Pileh Woven Shawl

Abd Kahar | Selasa, 31/05/2022 14:44 WIB
KKI 2022, Rumah Rakuji Myra Widiono Tampilkan Tema The Pileh Woven Shawl Pembukaan Pameran Karya Kreative Indonesia KKI 2022  Di Resmikan Oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

Sulawesi Barat - Karya Kreative Indonesia 2022 Rumah Rakuji Myra Widiono Tampilkan Tema The Pileh Woven Shawl Sukses Award World Craft Council 2018

Pembukaan Pameran Karya Kreative Indonesia KKI 2022 Di Resmikan Oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo
Perry Warjiyo mengatakan sebanyak 200 karya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dipamerkan dalam Karya Kreatif Indonesia 2022 secara langsung di Jakarta Convention Center.

“Secara fisik ada 200 UMKM yang dipamerkan dan secara virtual ada 500 UMKM,” kata Perry Warjiyo dalam pembukaan KKI 2022 di Jakarta, Jumat.

KKI 2022 mengangkat tema “UMKM Indonesia Bangkit Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Dalam pameran KKI Tampil Di Booth Rumah Rakuji / Myra Widiono
Rumah Rakuji adalah organisasi yang bergerak untuk mempromosikan kerajinan tradisional Indonesia.

the Pileh Woven Shawl
Rumah Rakuji yang mempunyai Perwakilan di Kalimantan Barat dipercaya mengangkat kerajinan UMKM Pejuang budaya dari "pedalaman Kapuas Hulu" , Kalimantan Barat yaitu dari Bansa Iban ( Dayak Iban ), Dayak Banuaka Apalin .

Yaitu Tenun Tenun : PILEH , SUNGKIT , IKAT , SIDAN .

Anyaman2 : serat BEMBAN, Daun Perupuk, Rotane Semua dengan Pewarnaan Alam.

Myra Widiono Mengatakan Buat masyarakat indonesia untuk mengenal mendukung, minati dan memesan produk produk Karya tenun Tenun IBAN yg sudah sempat tenggelam karena produtifitas dan kualitas produknya.

Saat ini mulai dikenal dan diminati seperti wastra Nusantara yang sudah termashur lainnya, dan juga minati Anyaman-anyaman bemban yang exquisite dan anyaman kebon Bronai dari daun perupuk yang super unik sehingga fidebut anyaman gila.

Produk2 Iban ini sudah diakui dan mendapat penghargaan dr WCC ( World Craft Council )

1. Tenun Pileh 2018
2. Tas Laptop/file dan Clutch pd 2018

Dengan dukungan dan konektifitas ke masyarskat nasionsl juga global yang lebih luas, maka semangat berkarya dan penyiapan bahan bahan baku lokal dari UMKM akan lebih produktif.

Peningkatan tidak semata dari nilai ekonomi untuk kesejahteraan melalui konektifitas yang lebih luas.

Namun juga dalam upaya Pemajuan Kebudayaan sesuai dengan UU no. 5 tentang Pemajuan Kebudayaan, dan peduli lingkungan melalui “konsep sustainability yaitu pemanfaatan SDA yang efektif dan pengembangan produk ECO dari NTFP Non Timbre Forest Product menghasilksn Green Economy," pungkasnya.

Sejalan dengan semangat Presidensi G20 2022 untuk pulih bersama dan semakin kuat, KKI tahun ini mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” dengan tagar #BersamaUMKMBangkit dan #UMKMgodigital_goglobal.

Saksikan dan hadiri Karya Kreatif Indonesia 2022. Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengakses kanal media sosial Bank Indonesia dan kanal resmi KKI 2022 (instagram: @karyakreatifindonesia, youtube: KKI Official dan twitter: Karyakreatif_BI

Keywords :

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US