• Nasional

Inovasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang: MAMBA, Manekin Pendidikan Seksual Berbahan Ramah Lingku

Abd Kahar | Senin, 06/11/2023 01:45 WIB
Inovasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang: MAMBA, Manekin Pendidikan Seksual Berbahan Ramah Lingku PKM UM

Mahasiswa Universitas Negeri Malang terus menunjukkan komitmennya untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan bagi masyarakat. Tiga mahasiswi yang sedang mengikuti program PKM-K telah mengembangkan sebuah inovasi yang menarik, yakni Manekin berbahan dasar limbah kayu jati yang difungsikan sebagai alat pendidikan seksual bagi anak usia dini, diberi nama MAMBA.

Tim ini terdiri dari mahasiswa Ullaya Nazla Dania (Ilmu Kesehatan Masyarakat), Nadya Rindy Yulyantika (Ilmu Kesehatan Masyarakat), dan Alifah Tesha Nur Sabrina (Ilmu Kesehatan Masyarakat). Ketua tim MAMBA, Ullaya Nazla Dania, menjelaskan bahwa ide untuk menciptakan produk MAMBA muncul sebagai respons atas meningkatnya kasus kekerasan seksual, terutama yang menimpa anak usia dini di wilayah Jawa Timur, khususnya Kota Malang.

"Meningkatnya kasus kekerasan seksual di Jawa Timur khususnya di Kota Malang, menimbulkan rasa khawatir yang tinggi terutama orang tua kepada anaknya. Perlunya edukasi sejak dini agar anak paham dan mampu menjaga tubuhnya sendiri," ujarnya.

Selain itu, Ullaya juga menyoroti masalah lingkungan terkait dengan limbah kayu jati. Di Kota Malang dan sekitarnya, banyak perusahaan mebel khususnya yang menggunakan kayu jati, dan ini menghasilkan sejumlah besar limbah kayu jati. Penumpukan limbah ini, jika tidak ditangani dengan benar, dapat merusak lingkungan sekitar.

"Urgensi tersebutlah yang mendorong kami untuk menciptakan inovasi baru yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki nilai edukasi yang penting, terutama bagi anak usia dini," tambah Ullaya.

Saat ini, produk MAMBA telah diperkenalkan melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram @mambapkm.k dan TikTok @sobatmamba. Selain itu, MAMBA juga telah dipasarkan melalui berbagai marketplace, memungkinkan akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari produk inovatif ini.

Keywords :

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US