• Sulawesi Barat

BMKG Mamuju Minta Nelayan Libur Melaut, Ini Penyebabnya!

Abd Kahar | Kamis, 16/02/2023 11:03 WIB
BMKG Mamuju Minta Nelayan Libur Melaut, Ini Penyebabnya! Gelombang tinggi terjadi di tempat wisata Tapandullu, Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulbar.

Sulawesi BaratBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tampa Padang Mamuju, memastikan cuaca ekstrem telah memicu gelombang tinggi hingga empat meter.

Gelombang tinggi dan hujan disertai angin kencang di lautan Sulawesi Barat khusunya Mamuju masih akan terjadi beberapa hari kedepan.

Kondisi tersebut akan membahayakan bagi para nelayan saat beraktivitas mencari ikan di laut.

Forecaster BMKG Tampa Padang Mamuju Musrawati mengatakan, saat ini gelombang laut saat ini mencapai 2,5 meter hingga empat meter di pesisir laut Sulbar.

"Tinggi gelombang itu termasuk ketegori tinggi dan dapat membahayakan bagi pelaut (nelayan) yang menggunakan perahu kecil," ungkap Musrawati, Kamis (16/2/2023). dilansir tribunsulbar

Menurutnya, perkiraan gelombang tinggi belum dapat dipastikan sampai kapan akan berakhir, namun proses cuaca ekstrem ini merupakan proses peralihan cuaca.

Pastinya kata dia, kondisi gelombang tinggi akan beresiko tinggi bagi para nelayan yang nekat beraktivitas di laut.

"Kami harap nelayan agar lebih berhati-hati, atau kalau bisa tidak usah melaut dulu dengan kondisi cuaca ekstrem," harapnya.

Apalagi kata Mursawati, bukan hanya gelombang tinggi tetapi juga hujan lebat disertai angin kencang juga sangat dikhawatirkan.

"Rata-rata nelayan kita di Mamuju memakai perahu-perahu kecil, sehingga sebisa mungkin jangan dulu melaut. Sampai cuaca kembali membaik," tandasnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US